Membuat Menu Sehat Sandwich Puncak Tema Hidup Bersih Dan Sehat


Assalamualaikum Wr. Wb.Rabu (27/11) siswa SDI al Azhar Kelapa Gading Surabaya melaksanakan kegiatan puncak tema. Kegiatan puncak tema adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kebermaknaan pembahasan suatu tema. Berawal dari tema menjaga hidup sehat dan lingkungan sehat, siswa siswi kelas 2 SDI ALAZKA belajar tentang bagaimana cara menciptakan lingkungan sehat danpola hidup sehat yang salah satunya adalah membuat menu makanan sehat.

Di area selasar, siswa siswi kelas 2 membuat menu makanan sehat yaitu sandwich. Sandwich merupakan makanan asal negara Eropa. Sandwich dipilih karena salah satu makanan yang mengandung gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, vitamin, protein, dan lemak. Proses pembuatannya sangat mudah dan bahannya pun mudah diperoleh. Hal ini sekaligus mengenalkan pentingnya makan sayuran dan buah-buahan karena sebagian siswa kurang menyukai buah dan sayur.

Sebelum kegiatan hari ini dilaksanakan, siswa sudah diajarkan cara menanam dan merawat selada mereka selama 3 bulan. Nah selada yang digunakan dalam pembuatan sandwich ini adalah hasil panen kebun sendiri.

“Drs. Asmunah berharap dengan adanya praktek membuat menu sehat ini siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari dengan menu sehat lainnya yang lebih bervariasi.”

Kegiatan diawali dengan siswamembuat topi ala chef profesional. Setelah itu, membersihkan tangan danmemakai sarung tangan plastik serta tak lupa juga memastikan semua alat masak dan bahan baku dalam keadaan bersih dan higienis.

Kemudian dengan bantuan dan bimbingan para guru kelas 2 siswa menyiapkan alat dan bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan sandwich. Yaitu roti, telur goreng, selada, tomat, saos tomat, keju, mayones dan daging lapis yang sudah matang. Guru – guru menjelaskan prosedur membuatan sandwich dan memastikan semua siswa memahami cara pembuatanya. Kemudian, siswa secara bergiliran mereka mempraktekkan cara membuat sandwich, dimulai dari menyusun roti, saus tomat, mayones, selada, telor ceplok, daging lapis, tomat, keju disusun secara berlapis. Dan yang terakhir ditutup dengan roti. Mereka membuat 3 buah sandwich; satu untuk mereka, satu untuk oleh – oleh dan satu lagi untuk dibagikan kepada warga sekolah, guru, CS, dansatpam.

Dalam pembelajaran ini, siswa kelas 2 SDI Alazka sangat antusias mengikuti proses persiapan hingga pembuatan sandwich. Menurut Drs. Asmunah selaku guru kelas 2 berharap dengan adanya praktek membuat menu sehat ini siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari dengan menu sehat lainnya yang lebih bervariasi. Pembelajaran seperti ini merupakan aplikasi dari budaya Alazka yaitu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta berbagi kepada sesama. Selain itu juga kegiatan ini juga sudah sesuai dengan program Kemendikbud, bahwa siswa harus memiliki pengalaman belajar yang luar biasa dan tidak selalu di dalam kelas. Wassalamualaikum Wr. Wb.(*)

ALAZKA, Sekolah Karakter Berbudi Berprestasi.

Kontributor: ibu Uswah: editor: PTA