Vania Elvaretta, ‘Kecil-Kecil Cabe Rawit’

Pembelajaran matematika pada hari Selasa kemarin nampak sedikit berbeda. Jika biasanya pak Angga langsung yang memberikan materi seputar matematika, namun kali ini saat pembelajaran matematika, SMPI Al-Azhar Kelapa Gading kedatangan tamu yang sangat luar biasa. Tamu itu bernama Vania Elvaretta Ranny H., siswi kelas IV SDI Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya yang telah mengoleksi 5 medali tingkat internasional bidang matematika, 20 medali nasional, dan total ada 130 gelar juara baik di bidang matematika, mewarnai, bahasa Inggris, ataupun sains.

Vania hadir sebagai narasumber yang menceritakan semua pengalaman dan tips triknya dalam meraih gelar juara sebanyak itu. Kakak-kakak SMP dan guru pendamping dibuat kagum luar biasa ketika Vania menceritakan perjuangannya selama ini. Ternyata, Vania pada awalnya tidak menyukai matematika, Ia lebih menyukai lomba mewarnai. Namun, berkat arahan guru dan walikelas SDI Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya, Vania berhasil menemukan potensi lainnya di luar bidang mewarnai, yaitu matematika. “Dari benci menjadi cinta”, begitu katanya saat menjelaskan masa lalunya.

Masya Allah, kecil-kecil cabe rawit. Gelar juara yang begitu banyak ternyata tak didapatkan dengan begitu saja. Vania harus belajar rutin setiap hari agar semakin memantapkan kemampuannya di bidang matematika. Beruntung, Ia memiliki orang tua yang sangat mendukungnya. Papa Vania, Dr. Yonny Herdyanto, S.Pd, M.Kes yang saat ini sebagai Pimpinan Staf Khusus Rektor Universitas Negeri Surabaya dan Mama Vania, dr. Rahayu Wilujeng, SPsi, Amd Computer yang saat ini bertugas sebagai Dokter Umum PPK tingkat 1 Poliklinik BPJS. Kedua orang tua Vania selalu mendukung apapun kegiatan Vania selama itu positif.

Bismillah, semoga dengan hadirnya Vania yang telah memberikan kisah pengalaman dan perjuangannya menjadi juara, bisa menjadi cambuk semangat bagi kakak-kakak SMPI Al_Azhar Kelapa Gading Surabaya. Aamiin. Terimakasih Vania, semoga Allah selalu memudahkanmu dalam menuntut ilmu.