News

Alhamdulillah, Rabu, 1 September 2021, Al Azhar Kelapa Gading Surabaya melakukan launcing MY Alazka. Aplikasi My Alazka merupakan sistem informasi yang terintegrasi dengan sistem cloud 24 jam penuh selama satu pekan penuh. Melalui My Alazka dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pendaftaran di Al Azhar Kelapa Gading Surabaya, memudahkan pembelajaran, pembayaran, penugasan, hingga akses penilaian, dan masih banyak kemudahan-kemudahan lain yang didapat jika menggunakan My Alazka.

Sistem presensi sekarang juga benar-benar up to date menggunakan My Alazka. Hanya dengan scan barcode, maka secara otomatis kehadiran kita akan tercatat beserta lokasi presensinya.

Dalam sambutannya, Direktur Al Azhar Kelapa Gading Surabaya, Bapak Drs. H. Imam Hambali, M.Pd. menyampaikan bahwa hadirnya My Alazka untuk peningkatan kualitas pembelajaran juga peningkatan layanan pada siswa, guru, juga orang tua. Demikian juga Bapak Ifan Budiman, SE selaku Wakil Ketua Yayasan Al Azhar Kelapa Gading yang mendapat amanat sebagai ketua proyek My Alazka menyampaikan bahwa Arek Suroboyo memiliki semangat heroik Sepuluh Nopember, maka dalam menyambut perubahan begitu semangat. Sebagai kader interpreneur dan karakter selalu siap melakukan transformasi digital. Metamorfosis Alazka Digital menjadi sebuah brand yang diindors dalam launcing My Alazka. Pesan ini disampaikan secara langsung dari Jakarta melalui telekonferen.

Sejak My Alazka diprogram sebagai salah satu branding sekolah di Surabaya, tim yang digawangi oleh Ibu Eka Purnamawati, S.Si dan Angga Yuda Pratama, S. Pd. mempercepat langkah untuk mewujudkan program ini, tentu bersama dengan tim IT lainnya. Sadar bahwa My Alazka ini program yang dibuat manusia, maka tentunya masih terus dipantau dan diperbaiki untuk tujuan lebih memudahkan dan meningkatkan kualitas serta layanan.

Secara khusus, di hari dan tanggal yang sama, unit KB TK Islam Al- Azhar Kelapa gading Surabaya, pada pukul 13.00 juga melakukan sosialisasi kepada seluruh orang tua. Dalam Sambutannya Ibu Kepala KB TK Islam Al- Azhar Kelapa gading Surabaya, Iffatus Syakila M.Psi, juga menyampaikan beberapa hal terkait launching My Alazka ini :

  • PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI INI SUDAH DISIAPKAN BEBERAPA BULAN YANG LALU
  • SEGMENTASI PENGEMBANGAN MY ALAZKA, TER INTEGRASI DALAM APLIKASI
  1. LMS / Learning Management System
  2. Akademik (termasuk di dalamnya literasi juga)
  3. Finance (tentang pembayaran, tagihan dan administrasi)
  4. Penggunaaan aplikasi ini membutuhkan adaptasi, sehingga jika ada kendala bisa menghubungi Admin.
  5. Aplikasi ini harus di maksimalkan

Selanjutanya dalam sosialisasi ini, materi secara spesifik disampaikan oleh PM (project Manager) sekaligus wakil kepala KB TK Islam Al- Azhar Kelapa gading Surabaya, ibu Dina Utaminingsih, S.Pd, didampingi perwakilan tim Pintro ( ibu Ayu), disini orang tua diperkenalkan tentang aplikasi My Alazka ini, sekaligus praktek langsung untuk masuk login masing- masing orang tua.

Alhamdulillah sungguh antusiasme yang luar biasa dari para orang tua dalam penggunaan aplikasi My Alazka ini. Bismillah.. semoga dengan hadirnya aplikasi ini, layanan yang berkualitas secara cepat dapat dinikmati seluruh orang tua, sebagai komitmen dari sekolah, yang senantiasa hadir dengan teknologi digital yang semakin maju dan berkembang. Semoga KB TK Islam Al- Azhar Kelapa gading Surabaya, dapat mewuhudkan itu semua Aamiin Allohumma Aamiin

Dalam rangka menyambut pembukaan tahun pelajaran baru, setiap tahunnya Alazka mengadakan kegiatan Super Class. Super Class merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi Alazka menghadapi tahun pelajaran baru setelah libur sekolah beberapa waktu lamanya. Super Class ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 2-6 SD dan dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari Kamis-Senin, 15-19 Juli 2021.

Melalui kegiatan Super Class ini, siswa-siswi Alazka diharapkan siap kembali belajar dengan lebih bersemangat. Mereka diingatkan kembali tentang materi-materi yang pernah mereka dapatkan di tahun sebelumnya sehingga mereka benar-benar akan siap menyambut dan mengikuti pembelajaran tahun ini.

Kegiatan dalam Super Class ini meliputi kegiatan keagamaan (wudhu, sholat, mengaji, dan membaca Asmaul Husna), Calistung Class, English Class, Tahfidz Class, dan Bina Prestasi. Selain itu, ada kegiatan Healthy Friday (Senam Ceria) dan Edukasi tentang Idul Adha dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H serta games seru menggunakan aplikasi Quizziz yang bisa dimainkan bersama ketika Talk Show Live Youtube sekolah.

Kegiatan Super Class di hari pertama dimulai dengan sholat dhuha bersama dan motivasi pagi dari wali kelas, setelah itu dilanjutkan kegiatan Religion Class (Video praktik wudhu dan sholat) yang langsung disiarkan di kanal youtube sekolah dengan pemateri Pak Supriono. Setelah siswa-siswi melihat video praktik dilanjutkan mengikuti kegiatan Talks Show dengan tema “Motivasi Tahfidz” dengan pemateri Bu Arum dan Pak Alfian serta Bu Mia sebagai moderator Acara. Dalam Talk Show tersebut siswa-siswi diberikan tips dan trik bagaimana cara menghafal Al-Quran dan menjadi Hafidzul Quran. Kegiatan terakhir di hari pertama kegiatan Super Class adalah membaca asmaul husna bersama wali kelas dan pendamping.

Kegiatan Super Class di hari kedua dimulai dengan kegiatan Healthy Friday (Senam Ceria) yang langsung disiarkan secara live di IG sekolah, setelah itu dilanjutkan motivasi pagi bersama wali kelas. Kegiatan berikutnya adalah English Class, siswa-siswi menyaksikan video dengan tema “Magic Word” Thank you, Sorry, Excuse me, May I, and Please dengan pemateri Bu Ulfa dan Bu Nurul. Setelah siswa-siswi mengikuti English Class, kegiatan berikutnya adalah Calistung Class dengan pemateri Bu Aini untuk Bahasa Indonesia serta Bu Indra dan Bu Adel untuk matematikanya. Dalam kegiatan itu siswa-siswi diajarkan materi dasar dalam Bahasa Indonesia dan cara cepat atau trik dan tips untuk menghitung cepat matematika. Kegiatan Talks Show ini diakhiri dengan memberikan game yang menarik berupa Quizziz. Siswa-siswi sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan tersebut terbukti dengan banyaknya siswa-siswi yang bergabung mengikuti kegiatan dan game tersebut. Kegiatan terakhir di hari kedua Super Class adalah membaca surat Al-Kahfi ayat 1-10 bersama wali kelas dan pendamping.

Kegiatan Super Class di hari ketiga dimulai dengan motivasi pagi bersama wali kelas, pengelompokan kelas Tahfidz dengan teknis sambung ayat berdasarkan hafalan di kelas sebelumnya, seleksi atau penjaringan Bina Prestasi sekolah, dan diakhiri dengan edukasi Idul Adha dengan pemateri Pak Zakariya.


(Tim Web SD Alazka)

Welcome to Alazka “Strong Islamic Generation”

Rabu, 14 Juli 2021, SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya mengawali hari pertama kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2021-2022 secara virtual. Sebagai kegiatan pembuka dilakukan acara pembukaan tahun ajaran baru 2021-2022 yang pada tahun ini masih dilakukan secara virtual mengingat kondisi pandemi covid 19 belum berakhir.

Pembukaan tahun ajaran baru ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting online. Siswa-Siswi kelas 1-6 SD sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang dimulai pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 10.00. Kegiatan ini dilaksanakan secara indoor di Studio Alazka Surabaya dan secara outdoor di Lapangan Sekolah Alazka Surabaya.

Serangkaian kegiatan dilakukan dimulai pada pukul 07.30 dengan agenda registrasi peserta zoom meeting online, admin zoom yang bertugas Bu Irma dan Bu Reny yang menyapa dan menyambut siswa-siswi baru kelas 1 SD dan siswa-siswi kelas 2-6 SD dengan suka cita. Selanjutnya bersama sama siswa menonton video profil SD dan video PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

Registrasi peserta zoom meeting online

Tepat pukul 08.00, Bu Ulfa selaku MC Pra-Acara membuka kegiatan pembukaan tahun ajaran baru 2021-2022 dengan tema Welcome to Alazka “Strong Islamic Generation” secara outdoor live dengan dibantu Pak Ramadan sebagai kameramen dan Pak Alfian tim dokumentasi sekolah. Bu Ulfa memperkenalkan sekolah SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya atau biasa disingkat Alazka mulai dari pintu depan sekolah, ruangan kelas, taman, dan masih banyak yang lain tentunya dengan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat dari sekolah serta diakhiri dengan pemutaran video PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Kegiatan pembukaan tahun ajaran baru 2021-2022 dibuka oleh MC Bu Ulfa dan Bu Lidia secara bersama-sama dengan ucapan basmalah, acara berikutnya adalah pembacaan ikrar yang dipimpin oleh Bu Izza dan diikuti oleh semua peserta zoom meeting online. Setelah itu, acara berikutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Alazka secara bersama-sama dengan tertib dipandu Bu Reny sebagai dirijen di Studio Alazka Surabaya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bu Zahro selaku kepala sekolah SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya di ruang Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya secara outdoor live. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada siswa-siswi baru SD kelas 1 dan selamat kepada siswa kelas 2-6 yang telah naik kelas dari jenjang kelas sebelumnya. Selain itu kepala sekolah juga berpesan agar anak-anak alazka bertambah giat belajar dan mengukir prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Selanjutnya kepala sekolah memberikan informasi seputar PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dan Idul Adha, serta mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para wali murid yang telah mengamanahkan ananda di sekolah kita tercinta ini. Dan diakhir sambutan tak lupa kepala sekolah menyampaikan kepada siswa untuk stay safe, stay healthy dan stay happy serta mematuhi protokol kesehatan.

Pada kegiatan ini juga guru dan siswa bersama–sama melaksanakan doa bersama berupa dzikir asmaul husna yang dipimpin oleh Pak Supri dan Pak Zakariya. Di penghujung acara anak-anak terlihat sangat antusias mendengarkan MC membacakan pengenalan foto profil guru dan karyawan SD di lingkungan Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya. Setelah pengenalan foto profil guru dan karyawan, acara ini ditutup oleh MC Bu Ulfa dan Bu Lidya. MC mengarahkan kepada siswa-siswi SD kelas 1-6 untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yakni pengarahan wali kelas di zoom jenjang kelas masing-masing terkait kegiatan berikutnya dan mengingatkan wali murid agar bisa bergabung di website sekolah dan aplikasi chat whatsapp untuk informasi lebih lanjut tentang perkembangan ananda.


(Tim Web SD Alazka)

Jumat, 9 April 2021, SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya mengadakan tarhib ramadan secara virtual. Kegiatan dimulai pada pukul 09.45 dengan agenda registrasi peserta tarhib yang diiringi dengan lagu-lagu religi menyambut ramadan. Tepat pukul 10.00, pak Arifin selaku MC membuka acara tarhib ini. Alhamdulillah, banyak siswa yang hadir dengan tertib dan khusyu mengikuti jalanny tarhib. Bahkan ada beberapa orang tua siswa yang ikut hadir dalam kegiatan tarhib ini.

Setelah acara dibuka bersama-sama dengan ucapan basmallah, acara berikutnya yaitu sambutan dari Bu Winarsih selaku kepala sekolah. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan anak-anak untuk menyambut datangnya bulan Ramadan ini dengan spesial, seakan seperti kedatangan tamu yang sangat istimewa.

Setelah sambutan selesai, tibalah pada acara puncak pada tarhib ramadan kali ini, yaitu materi yang disampaikan oleh Pak Mursanto. Pada saat penyampaian materi, anak-anak terlihat antusias mendengarkan materi dari pak Mursanto. Materi yang diberikan seputar persiapan-persiapan yang dilakukan untuk menyambut bulan Ramadan.

Setelah penyampaian materi, anak-anak diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Pak Arifin memilih pertanyaan terbaik untuk dibahas bersama pak Anto. Setelah sesi tanya jawab, acara ini ditutup dengan doa yang dibawakan oleh pak Arif. Semoga kegiata tarhib Ramadan virtual tahun ini, dapat memotivasi kita semua untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan yang penuh berkah. Aamiin.

Siaran Langsung YouTube KEMENDIKBUD RI oleh Mentri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa Pendemi Covid-19 pada hari Selasa, 30 Maret 2021

Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona dan keluar dari pandemi covid-19 serta merupakan agenda pertama dari kementerian untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada para pendidik dan seluruh tenaga kependidikan untuk mempersiapkan PTM di tahun ajaran baru, Alhamdulillah Selasa (30/3) Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading telah melaksanakan Vaksinasi Covid-19 dan siap untuk mengikuti kebijakan pemerintah PTM terbatas. Program ini bekerja sama dengan Puskesmas Kalijudan, turut serta melaksanakan vaksinasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan pembelajaran tatap muka dengan di bawah naungan Dinas Pendidikan Surabaya. Program ini perupakan vaksinasi perpanjangan dari himbauan dinas terkait diwajibkannya tenaga pendidik dan non pendidik dalam mengikuti vaksinasi.

Pak H. Zakaria guru PABP kelas 3 SD telah mengikuti vaksin

Jenis vaksin yang digunakan kali in adalah jenis vaksin anstrazaneca. Jenis vaksin ini mempunyai rentang waktu antara vaksin pertama dan kedua selama dua bulan ke depan, dan akan dijadwalkan kembali vaksinasi kedua pada tanggal 25 Mei 2021. Sebanyak 68 tenaga pendidik dan non pendidik ikut serta mensukseskan program vaksinasi covid-19. Pelaksanaan ini dilakukan selama dua gelombang, hari Selasa (30/3) merupakan gelombang ke dua,  dimana gelombang pertama telah dilaksanakan hari Kamis (18/3). Vaksinasi gelombang pertama diikuti oleh tujuh orang pimpinan dan tenaga medis Perguruan Al Azhar Kelapa Gading yang berlokasi di Puskesmas Mulyorejo Surabaya. Jenis vaksin pada gelombang pertama menggunakan jenis vaksin senovac yang mempunyai rentang waktu 14 hari dengan vaksi ke dua dan akan dilaksanakan vaksinasi kedua pda tanggal 1 April 2021.

Pelaksanaan vaksinasi gelombang ke dua ini dilaksanakan di salah satu ruang kelas yang sudah melalui proses sterilisasi desinfektan terlebih dahulu. Dengan dibantu  empat orang tenaga kesehatan Puskesmas Kalijudan Kota Surabaya. Beberapa syarat admisntrasi yang perlu dilengkapi oleh peserta vaksinasi antara lain; fotokopi KTP dan mengisi formulir kesediaan mengikuti vaksin serta mengisi data riwayat kesehatan yang tentunya tetap melakukan protokol kesehatan. Dimulai dari registrasi, pengisian data riwayat kesehatan dan terakhir adalah screening kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian vaksin. 

Lolos tidaknya peserta dapat mengikuti vaksin adalah bergantung pada hasil screening yang dipandu oleh dr. Emma. Salah satu catatan hasil screening yang dinyatakan lolos mengikuti vaksin antara lain; Normanya kandungan oksigen di dalam darah, tidak memiliki penyakit kronis, suhu tubuh normal, tidak sedang hamil, tidak sedang menyusui dan tidak terkonfirmasi covid-19 selama 3 bulan terakhir.  Setelah selesai melaksanakan vaksin, peserta dilakukan observasi selama 30 menit. Jika tidak ditemukan gejala yang membahayakan setelah vaksinasi maka pihak puskesmas akan memberikan sertivikat telah mengikuti vaksin pertama.

Pemberian vaksin tipe anstrazaneca ini tetap mempunyai efek samping yang dialami oleh peserta namun efek samping yang dirasakan setiap orang berbeda – beda, bergantung pada kondisi kekebalan tubuh masing – masing peserta. Ada yang merasa nyeri di bagian lengan yang di vaksin, ada yang demam, meriang, muntah, pegal – pegal dll, namun berdasarkan penuturan dr. Rini ketua Puskesmas Kalijudan, efek samping ini merupakan hal yang wajar dan akan berlangsung selama 2 – 3 hari serta meminta para peserta vaksin untuk bersabar. Seperti yang dilakukan oleh Ibu Eri guru IPA SD, salah satu cara untuk meminalisir efek samping yang timbul adalah dengan cara mengurangi aktivitas fisik, mengkonsumsi madu, makan makanan yang bergizi, minum susu, air minum hangat, dan istirahat yang cukup. Dengan melakukan hal tersebut beliau menuturkan efek samping yang beliau rasakan hanyalah merasa ketidaknyamanan kondisi tubuh, tidak merasa deman maupun pegal – pegal atau efek samping yang lain seperti yang dirasakan sebagian peserta. Beliau juga menularkan tips ini kepada peserta vaksin yang lain untuk mengurangi efek samping yang dialami.

dr. Emma sedang melakukan screening kesehatan terhadap Pak Aryo Guru Musik SD

Menurut penuturan Pak H. Hambali Direktur Alazka Surabaya bahwa vaksin ini sangat bagus untuk memutus mata rantai covid -19 ini. Lembaga benar-benar mempersiapkan prokes sejak dini untuk menyambut siswa – siswa Al Azhar Kelapa Gading Surabaya dan memberikan perlindungan kepada semua warga alazka sebelum tatap muka dilaksanakan. Pemberian vaksin ini juga dapat minimalisir kekhawatiran dari wali murid saat sudah dilakukannya tatap muka. Walaupun sudah mengikuti vaksinasi Pak Hambali juga menghimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.  Bu Indra guru Kelas 3 SD menyampaikan “Alhamdulilah saya sudah vaksin. Kami sudah rindu untuk bertatap muka dengan anak-anak. Dengan adanya vaksinasi ini sangat bagus untuk menjaga kondisi tubuh kami sebagai pendidik. Semoga pandemi ini segera berakhir”. 

Keikutsertaan vaksin dapat dilihat langsung di link web resmi www.pedulilindungi.id dengan cara login, ketik nama dan NIK. Maka akan muncul data bahwa kita sudah mengikuti vaksin pertama. namun jika belum mempunyai akun maka kita harus melakukan register terlebih dahulu dengan mencantumkan nomer telpon dan nama lengkap. Selain itu peserta akan mendapatkan E-sertivikat yang langsung dikirim oleh dinas kesehatan di nomer 1199. Salam sehat. (Kontributor Ika Rahma Hastanti. S.Pd & Uswatun Nazilah, S.Pd.)

Kamis (18/2/21), Kegiatan puncak tema 5 pengalamanku menjadi kegiatan yang sangat dinantikan oleh anak-anak kelas 1 SDI Al – Azhar Kelapa Gading Surabaya. Puncak tema kali ini mengusung tema mengenal profesi pemadam kebakaran. Kegiatan Puncak tema kali ini disiarkan live report dari pemadam kebakaran unit mulyorejo surabaya. Kegiatan ini juga disiarkan secara Live di Youtube SDI Alazka Surabaya.

Nah, Kegiatan Puncak tema 7 diawali dengan sambutan MC di studio alazka oleh Bu Reny dan Bu Farida. Kemudian, menyanyi dan cek semangat anak-anak kelas 1. Tak lupa pula, kita semua berdoa agar kegiatan puncak tema berjalan dengan lancar. Kemudian dilanjutkan oleh bu lidia selaku reporter pada kegiatan puncak tema 5 ini.

Pada saat di lapangan bu Lidia bertanya kepada salah satu ketua pemadam kebakaran unit Mulyorejo Surabaya yaitu Bapak Mujiono. Bapak Mujiono menjelaskan tugas pemadam kebakaran tidak hanya memadamkan kebakaran saja, tetapi juga menyelamatkan hewan yang terjebak di suatu tempat, menyelamatkan jika ada hewan liar yang masuk ke rumah seperti ular atau lebah.

Acara dilanjutkan dengan Bapak Mujiono menjelaskan mobil pemadam kebakaran yang ada di tempat seperti ukuran mobil pemadam kebakaran, fungsi alat-alat yang ada di mobil pemadam kebakaran, anggota yang berangkat jika ada yang panggilan memadamkan api dan lain sebagainya. Bapak Mujiono menjelaskan juga berkaitan dengan salah satu pertanyaan dari teman-teman di rumah yaitu pada saat pademi ini petugas kebakaran juga berkeliling untuk menyemprot jalan-jalan dengan desinfektan. Kemudian anak-anak diajak melihat simulasi jika ada panggilan kebakaran dengan para tim pemadam kebakaran unit Mulyorejo.  

Acara dilanjutkan dengan penjelasan oleh Bapak Hatta mengenai peralatan dan seragam yang digunakan pemadam kebakaran untuk menyelamatkan warga apabila terjadi kebakaran. Begitu banyak alat yang ada di depan kami. Sayang sekali anak-anak tidak bisa hadir ditempat untuk mencoba betapa beratnya helm pemadam kebakaran. Namun, anak-anak tetap berasa semangat dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Diakhir acara Bapak Hatta mensimulasikan bagaimana cara memadamkan api. Bapak Hatta menjelaskan cara memadamkan api ada dua, yaitu dengan cara tradisional menggunakan kain goni yang dibasahi air dan cara yang modern menggunakan APAR. Kemudian, Bapak hatta mengajak bu silfi dan bu lidia untuk praktek memadamkan api. Bu lidia dan Bu silfi terlihat takut karena api begitu besar tetapi akhirnya api berhasil dipadamkan dengan menggunakan kedua cara tersebut. Sekian cerita dari kegiatan puncak tema 5 kelas 1. Semoga pandemi segera berakhir dan kita dapat melaksanakan kegiatan di sekolah. Terima kasih!

Biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir Raziudin Brata, salah satu peneliti dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi hewan hewan yang hidup di tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.

Biopori memiliki segudang manfaat secara ekologi dan lingkungan, yaitu :

  1. Biopori berperan untuk memperluas bidang penyerapan air sehingga risiko terjadinya penggenangan air(waterlogging) semakin kecil. Air yang tersimpan ini dapat menjaga kelembaban tanah bahkan di musim kemarau.[15] Keunggulan ini dipercaya bermanfaat sebagai pencegah banjir.
  2. Biopori juga berperan dalam  penanganan limbah organik. Biopori dapat mengubah sampah organik menjadi kompos. Pengomposan sampah organik mengurangi aktivitas pembakaran sampah yang dapat meningkatkan kandungan gas rumah kaca di atmosfer. Setelah proses pengomposan selesai, kompos ini dapat diambil dari biopori untuk diaplikasikan ke tanaman. Kemudian biopori dapat diisi dengan sampah organik lainnya.
  3. Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas organismedan mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan perakaran tumbuhan sekitar. Organisme dan mikrorganisme tanah memiliki peran penting dalam ekologi diantaranya sebagai detritivora dan pengikat nitrogen dari atmosfer. Pengikatan nitrogen mampu meningkatkan kadar nitrogen tanah sehingga penggunaan pupuk anorganik urea akan berkurang

Melihat begitu banyaknya manfaat yang dapat diambil dari Biopori, SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya membentuk kelompok kerja yang bertugas membuat, menanam, merawat dan memanen Biopori.

Biopori di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
Biopori dibuat dibeberapa titik salah satunya di area berpaving

Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya, Pokja Biopori SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya memiliki visi, misi sebagai beikut :

 Visi Pokja Biopori

Menjadi sekolah unggul dalam iptek dan imtaq, serta peduli dan berbudaya lingkungan, untuk menumbuh kembangkan insan Indonesia yang berkarakter”

Misi Pokja Biopori

  1. Menumbuhkan Semangat mengambangkan ilmu pengetahuan;
  2. Menumbuhkan semangat berdakwah menjalankan amanah Allah;
  3. Meningkatkan Mutu Lulusan Yang Berdaya Saing Tinggi dalam imtaq dan Iptek;
  4. Mengembangkan Kepribadian Siswa Yang Berkarakter Islami;
  5. Mewujudkan Lingkungan Sekolah Yang bersih, hijau, indah, dan sehat;
  6. Mewujudkan Pelestarian Lingkungan Sekitar Sekolah wujud ibadah nyata,
  7. Menerapkan Manajemen Partisipasi Warga Sekolah Dan Masyarakat dalam menjaga lingkungan sekolah.

Motto atau Selogan Pokja Biopori SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya

  1. Sampah organik harus termanfaatkan
  2. Berikan napas dan makanan untuk organisme dan mikroorganisme di bawah tanah agar mereka juga bahagia
  3. Dia organisme dan mikroorganismebawah tanah juga maklhuk hidup sama seperti kita butuh napas
  4. Manusia harus punya kasih sayang tidak hanya sesama manusia tapi juga hewan, tumbuhan dan mikroorganisme
  5. Kehidupan tidak hanya di atas tanah tapi juga di bawah tanah, kita harus tahu dan menyayangi

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Se­ko­lah Adiwiyata merupakan tempat me­wujudkan war­­ga se­k­olah yang bertanggung jawab dalam upa­ya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hi­dup (PPLH) melalui tata kelola sekolah yang baik untuk men­dukung pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Gedung Alazhar Kelapa Gading

SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya adalah sekolah yang memiliki visi

Menjadi sekolah unggul dalam iptek dan imtaq, serta peduli dan berbudaya lingkungan, untuk menumbuh kembangkan insan Indonesia yang berkarakter

 

Sedangkan misi dari Al Azhar Kelapa Gading adalah pelaksanaan dakwah islamiyah sebagai amanah Allah SWT dengan menyelenggarakan pendidikan yang Islami dan berkualitas, melalui pendidikan karakter dan penguasaan dasar – dasar ilmu pengetahuan serta penanaman semangat pembaharuan dalam rangka mempersiapkan cendekiawan muslim yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan cinta lingkungan.

 

Ada 4 Point penting yang menjadi indikator keberhasilan kami

  1. Robbaniyyah : Al-Azhar kelapa gading menanamkan fondasi iman dan islam (Hablun minallah) melalui aktivitas tertib beribadah, gemar dan suka membaca  Alqur’an, serta hormat pada orang tua.
  2. Insaniyyah : Al-Azhar kelapa gading menanamkan fondasi ihsan dan membangun hubungan yang baik   dengan sesama (Hablun minannas) dengan membudayakan akhlakul
  3. Ilmiyyah : Al-Azhar kelapa gading menanamkan fondasi untuk cinta ilmu pengetahuan dan  teknologi di segala bidang. Menanamkan kepada siswauntuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  4. Alamiyyah : Al-Azhar kelapa gading menanamkan dan membangun budaya cinta dan peduli terhadap lingkungan,   baik di sekolah maupun di rumah.

 

Dari ke 4 pilar diharapkan kami dapat mencetak generasi generasi cendekiawan muslim yang Berkarakter, Berprestasi,  Berwawasan IPTEK dan Berbudaya Lingkungan

SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya melaksanakan berbagai upaya demi ketercapaian visi misinya. Salah satunya berupaya menjadi sekolah Adiwiyata di Al Azhar kelapa Gading Surabaya.

Halaman yang rindang dan hijau
Area bermain sekolah yang rindang

 

 

Berbagai aksi dan gerakan dilakukan sekolah demi mencapai lingkungan sekolah yang bersih, asri dan nyaman.

Aksi dan gerakan yang dilakukan sekolah  berupa langkah-langkah awal seperti stop penggunaan sampah plastik, penanaman pohon (satu anak satu pohon), penataan taman kelas, kerajinan tangan berbahan dasar bahan alami, aksi pungut sampah plastik dan mengajak masyarakat bijak terhadap sampah. Semuanya diikuti oleh  para pendidik, tenaga pendidik, dan peserta didik. Bermula dari diri, berlanjut di kelas, dan dijadikan budaya sekolah.

Siswa menyiram area taman sekolah
Petugas Kebersihan membersihkan rumput yang mengganggu di area taman

Selain itu sekolah juga membentuk pokja – pokja (kelompok kerja) dibeberapa bidang untuk lebih meningkatkan kesadaran kepedulian lingkungan.

Setiap pokja yang dibentuk beranggotakan guru pembimbing dan siswa dimana secara berkala melakukan kegiatan dan aktivitas berkenaan dengan tugas di pokja tersebut. Diharapkan dari pokja pokja yang ada siswa dapat banyak belajar tentang upaya pelestarian lingkungan .

Siswa dari pokja sampah sedang melakukan pemilhan sampah
Panen sayur dari pokja hidroponik

Melalui kegiatan sekolah adiwiyata kita berupaya menciptakan genarasi berkarakter. Generasi yang peduli lingkungan hidup. Insan yang senang dengan lingkungan yang sehat, bebas sampah plastik, indah, hijau, dan berdampak pada ekosistem akademik yang damai. Generasi yang mampu mewujudkan lingkungan hidup yang homeostatis (stabil dan seimbang)

Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar serta imun tubuh terjaga adalah salah satu kewajiban bagi setiap orang. Apa lagi pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Kamis (18/3) seluruh warga sekolah SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya melakukan rutinitasnya yaitu senam bersama. Senam bersama ini diikuti oleh para dewan guru dan karyawan serta seluruh siswa siswi sdi Alazka. Kegiatan jni dilaksanakan setiap hari Kamis dan berlokasi di lapangan Sdi Alazka yang disiarkan live dengan aplikasi instagram sdi Alazka yaitu di @sdi_alazka_sby. Kegiatan ini berlangsung selama 20 menit, dimulai pukul 07.15 – 07.45 waktu setempat. Semua siswa – siswi mengikuti senam dengan langsung dari live Steaming IG Sdi Alazka. Siswa juga dapat memberikan komentar terkait kegiatan yang sedang berlangsung di live ig tersebut. bersama pak Rusdi (guru olah raga) Pak Nanda (pustakawan) dan Pak Aryo (guru Musik) sebagai instruktur senam, para guru dan siswa senantiasa antusias dalam mengikuti setiap gerakan. Di mulai dari pemanasan, gerakan inti dan ditutup pendinginan.

Cukup 20 menit sudah dapat membakar kalori. Dan paparan sinar matahari pagi saat kita mengikuti senam juga baik untuk aktivasi vitamin D bagi tubuh kita. “Saya sangat senang bisa mengikuti senam ini setiap Kamis pagi. Walaupun kondisi saya sedang berpuasa namun tidak mengurangi semangat saya untuk mengikutinya. Dan saya juga tidak merasa lelah karena sudah terbiasa”. Tutur bu Evi (petugas tata usaha sdi Alazka).

Adanya program senam setiap hari Kamis ini merupakan upaya bersama untuk menjaga stamina tubuh baik guru maupun siswa yang ada di rumah. Salam sehat.
by Bu Uswah (SD)

Alhamdulillah, Wisuda Tahfidz SD Islam  Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya  berjalan sukses. Ada 33 anak yang diwisuda. 22 sudah hafal juz 30 (1 juz), ada 7 anak hafal juz 29 & 30 (2 juz), & ada 4 anak sudah hafal juz 28, 29, & 30 (3 juz). Ada yang mengharukan saat anak ditanya cita-citanya ingin menjadi hafidz. Jika ingin mendapat pengetahuan agama dan pengetahuan umum berdampingan, Al Azhar Kelapa Gading Surabaya memiliki program untuk memadukan ilmu dan iman, zikir dan fikir. Generasi qurani investasi abadi bagi orang tua. Kami siap mengawal dengan baik.